Extensible business reporting language adalah koli

Perkembangan teknologi ini telah membawa perubahan bukan hanya dalam pola pikir masyarakat, tetapi juga cara bisnis suatu perusahaan dan bagaimana informasi dipertukarkan. Kemajuan teknologi informasi khususnya internet ditandai dengan meningkatnya jumlah pengguna internet di indonesia. Pada tahun total pengguna internet adalah 45 juta orang dan meningkat menjadi 50 juta orang pada semester pertama tahun Dalam dunia bisnis, laporan keuangan adalah salah satu informasi yang menggambarkan sejauh mana kinerja suatu perusahaan.

Extensible business reporting language adalah koli

Dengan demikian, XBRL mampu menunjukkan bagaimana penghitungan yang mendasari suatu item data. XBRL juga mampu mengelompokkan item-item data menurut organisasi atau menurut tujuan pelaporan tertentu. Dan yang terpenting, XBRL dapat dengan mudah diperluas extensiblesehingga perusahaan dan organisasi lainnya bisa mengadaptasi XBRL untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan khusus.

Selanjutnya, informasi itu dapat ditelusuri, dipertukarkan, dan dianalisis dengan bantuan komputer atau dipublikasikan secara rutin. Taksonomi XBRL merupakan skema pengelompokan yang menetapkan tag-tag tertentu untuk masing-masing item data. Masing-masing negara memiliki aturan akuntansi yang berbeda-beda.

Akibatnya, masing-masing negara akan memerlukan taksonomi pelaporan keuangan sendiri-sendiri. Berbagai organisasi, termasuk regulator, asosiasi industri, atau perusahaan induk, bisa juga memerlukan taksonomi XBRL khusus untuk memenuhi kebutuhan pelaporan bisnis mereka sendiri. Taksonomi khusus juga telah dirancang untuk memfasilitasi penggabungan data serta pelaporan internal di dalam organisasi.

Taksonomi khusus dimaksud adalah GL Taxonomy. Bagaimanakah cara kerja XBRL? Pengirim informasi adalah perusahaan atau organisasi lainnya yang diwajibkan untuk menyampaikan laporan kepada otoritas pengawas atau regulator. Contoh pihak pengirim informasi adalah emiten bursa dan bank-bank yang berada di bawah regulasi BI.

Dalam implementasinya, peran pihak penerima informasi adalah menetapkan informasi standar dalam bentuk taksonomi XBRL. Pihak penerima informasi juga memroses informasi dalam format XBRL yang diterimanya. Di sisi lain, pihak pengirim informasi berperan menyampaikan data laporan dalam bentuk dokumen XBRL XBRL instance document berdasarkan taksonomi yang telah ditetapkan.

extensible business reporting language adalah koli

Gambar berikut dikutip dari KPMG Taksonomi standar standard taxonomy mendefinisikan konsep data yang dilaporkan serta mendefinisikan terminologi yang digunakan dalam laporan. Dibandingkan dengan laporan yang dibuat dengan kertas, taksonomi standar identik dengan formulir kosong yang akan diisi dengan data.

Taksonomi standar juga mendefinisikan atribut-atribut konsep data melalui berbagai komponen linkbases. Taksonomi perluasan extension taxonomy hampir sama dengan taksonomi standar, mencakup konsep-konsep laporan yang diperluas sesuai dengan informasi spesifik yang dilaporkan oleh perusahaan tertentu.

Regulator bisa juga menggunakan taksonomi perluasan, jika regulator itu membutuhkan informasi tambahan lebih rinci yang belum tercakup dalam taksonomi umum yang tersedia.

Data perusahaan adalah isi atau kandungan informasi yang akan dilaporkan dalam format XBRL. Proses pembubuhan tag tagging process adalah pemetaan data dengan mengidentifikasi dan mencocokkan data perusahaan dengan konsep-konsep dalam taksonomi untuk menghasilkan doKumen XBRL.

Dokumen adalah data laporan yang telah diubah menjadi format XBRL. Selain berisi data, dokumen XBRL juga memuat informasi mengenai identitas entitas pelapor, periode laporan, satuan pengukuran, serta tingkat presisi yang digunakan.

Penyusun laporan tidak perlu menetapkan format laporan, karena taksonomi telah menetapkan format laporan. Dibandingkan dengan laporan yang dibuat dengan kertas, dokumen XBRL identik dengan data yang telah diisikan ke dalam formulir. Aplikasi business intelligence, berfungsi melaksanakan analisis data dan menghasilkan laporan.

Wujud konkretnya, seperti apakah taksonomi dan dokumen XBRL? Gambar di atas menyajikan kotak dialog Open Taxonomy, yang berisi daftar taksonomi publik yang ada dalam pustaka taksonomi CoreFiling. Sebagai contoh, kita akan melihat taksonomi IFRS Bagian kiri berisi daftar elemen-elemen laporan keuangan berbasis IFRS.

Sebagai contoh, laporan posisi keuangan neraca dibagi menjadi dua klasifikasi: Bagian kanan terdiri dari tiga tab Details, Relationships, dan Tree Locations untuk masing-masing elemen.

DEFINITION of 'eXtensible Business Reporting Language - XBRL'

Gambar berikut menyajikan atribut rinci dari aset Cash and cash equivalents. Bagian bawah adalah alat pencarian label, elemen, atau atribut tertentu.XBRL (Extensible Business Reporting Language), is a freely available XML-based specification that uses accepted financial reporting standards and practices to exchange financial statements across all software and technologies.

AICPA Findings Reveal 45% Drop in XBRL Costs for Small Companies. As reported in July, it was great news to hear that the cost of XBRL formatting for small US reporting . eXtensible Business Reporting Language (XBRL) is a language for the electronic communication of business and financial data, which is being adopted as a reporting standard around the world.

Organizations today are looking to establish a sustainable reporting process to comply with the Securities and. XBRL (Extensible Business Reporting Language) adalah suatu standar terbuka berbasis XML yang mendukung pemodelan informasi serta ekspresi makna semantik yang 1/5(1).

Secara umum, manfaat XBRL adalah: 1. Meningkatkan kegunaan sistem pelaporan secara elektronik karena mengimplementasikan: o Format yang sudah distandarisasi, sehingga menghasilkan informasi dan data yang comparable dan mudah untuk dianalisa.

o Validasi secara otomatis, sehingga dapat meminimalisasi kesalahan input. 2. XBRL adalah kependekan dari eXtensible Business Reporting Language.

XBRL merupakan bahasa baku pelaporan bisnis berbasis XML yang dikembangkan untuk memfasilitasi komunikasi data bisnis dan data keuangan secara elektronis.

eXtensible Business Reporting Language (XBRL)